Pages

Selasa, 23 September 2014

Sistem Informsi Rental Mobil



Sistem Informasi Rental Mobil

Sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen dalam suatu instansi dan penggunaan database sebagai basis data. Kemudian jika kita melihat pengertian sistem informasi yamg berinteraksi dengan prose bisnis dan melihat pada pengertian organisasi sendiri, sistem informasi merupakan sekumpulan informasi pada sebuah sebuah basis data dan berguna dalam pemngambilan keputusan bisnis dalam suatu organisasi.
Berikut adalah contoh sistem informasi Rental mobil, dalam metode sebuah aplikasi basis data atau yang biasa di katakan database. Disini mendiskripsikan sebuah aplikasi sistem informasi rental mobil. Rental mobil adalah suatu usaha penyedia jasa persewaan mobil untuk jangka waktu yang singkat, umumnya mulai dari beberapa jam sampai beberapa minggu.
Perusahaan rental mobil sendiri seringkali dipusingkan dengan masalah pengelolaan data rental, keamanan serta disiplin pengemudi saat menggunakan mobil. Penelitian ini mengajukan pendekatan baru dalam sistem informasi rental mobil, dengan mengkombinasikan antara sistem informasi rental mobil berbasis web dan sistem informasi pelacakan posisi kendaraan. Pengelolaan data rental mobil pada sistem ini dilakukan secara online, terstruktur dan terkomputerisasi serta dapat memantau pergerakan posisi kendaraan yang telah dilengkapi GPS Tracking. Perencanaan sistem dimulai dari persiapan segala keperluan sistem baik yang terpasang pada kendaraan maupun pada web server. Sedangkan pembangunan sistem diawali dari pembuatan sistem informasi berbasis web kemudian pemasangan perangkat GPS pada kendaraan yang akan dilacak, setting pada perangkat GPS dan server dengan socket programming agar dapat tersinkronisasi dan frame data GPS dapat dikirimkan ke server, memilah atau memarsing frame data yang telah dikirimkan sehingga hanya diperoleh data yang diperlukan, menyimpan data hasil parsing ke dalam database, dan menampilkan data dari database ke Google Maps pada website sebagai program interface.
Metode socket programming yang digunakan dapat memperkecil delay dan membuat pengiriman data pada server terjadi lebih cepat sesuai interval waktu yang telah ditentukan pada GPS yaitu 10 detik. Koordinat posisi ditampilkan dalam bentuk peta pada website dengan marker posisi yang selalu terupdate setiap 1 menit, dengan demikian kendaraan dapat dipantau secara real time guna mencegah terjadinya kehilangan mobil.
           
Berikut adalah relasi tabel rental mobil:


1. Pengguna User
User itu adalah si peminjam yang bertugas mengoperasikan aplikasi sistem informasi dan jika ingin menggunakan sistem tersebut user harus mendaftar dulu dengan membuat data diri seperti Nama_UserName_Password_Type(Admin)
2. Peminjam
Peminjam memiliki atribut seperti Nama_Alamat_No. Telp_No. Polisi Peminjam berhak merawat mobil yang dipinjam, mengembalikan mobil tepat waktu sesuai dengan tanggal peminjaman dan jika tidak memenuhi nya maka peminjam akan dikenai sanksi denda ekonomi
3. Peminjaman Mobil
Peminjaman mobil harus mengisi atribut yang diperlukan yaitu Nama_Alamat_No. Telp_Email.
4. Tambah Mobil
Peminjam dapat merental mobil yang dinginkan lewat Tambah Mobil dan harus mengisi beberapa data-data peminjaman mobil seperti Merek Mobil_Type Mobil_Tahun Produksi_No. Polisi_Harga sewa_Status
5. Pengambilan Mobil
Peminjam bisa langsung mengatur berapa lama mobil ingin dipinjam dengan mengisi data sebagai berikut Nama Peminjam_No. Polisi_Harga_Tanggal Peminjaman_Tanggal pengembalian_Lama Pinjaman.


Berikut Contoh Screenshot aplikasi rental mobil:

 









Sumber
Id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
http://pincuran.com/index.php/79-pemograman-java/97-sistem-informasi-rental-mobil-dengan-java-dan-mysql

2 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About